Selasa, 15 Februari 2011

Sedikit tentang Desain

Mungkin teman-teman semua terbiasa mendengar kata "Desain" dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi apa teman-teman semua tau apakah itu "Desain"?
Well, Desain adalah kata serapan yang di ambil dari kata "Design" dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin "designare" yang artinya merencanakan atau merancang ataupun berasal kata “designo” dalam bahasa Itali yang artinya gambar. Dalam KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata Desain bermakna (1) kerangka bentuk; rancangan (2) motif; pola; corak.
Di dunia seni rupa istilah desain dipadukan dengan reka bentuk, reka rupa, rancangan atausketsa ide. Dalam dunia seni rupa, desain termasuk dalam seni rupa terapan karena memiliki fungsi dan manfaat.
Desain memiliki beberapa cabang, yaitu; Desain Produk, Desain Interior, Desain Kriya Tekstil dan Mode, dan Desain Komunikasi Visual.

Desain Produk secara singkat saya jelaskan disini sebagai desain untuk membuat produk (sesuai dengan namanya :D) produk apakah itu? sangat banyak saya jawab :P. Produk yang dihasilkan dalam desain produk dapat berbagai macam, dapat saja berupa Handphone, Notebook, Televisi, Mobil, Motor, Tas, dll. Namanya juga produk tentu sangat banyak kalo musti saya sebutkan satu persatu :D. Dimana, bila anda berada dibidang desain ini, anda akan merancang sebuah produk yang inovatif tentunya.

Desain Interior, seperti namanya juga Desain Interior berarti merancang bagian dalam. Desain interior biasa menjadi sahabat para arsitek bila saya bilang ataupun sahabat dari para desain produk khususnya mobil (meski saya bilang begini, semua bersahabat sih, tapi ruang kerjanya banyak ma mereka). Pada desain interior anda berkerja tentunya mendesain bagian dalam rumah, ruangan, ataupun bagian dalam mobil. disini sebagai contoh anda harus berfikir bagaimana membuat isi dalam rumah yang minimalis, agar terlihat cerah, lapang, homy. ataupun dalam bagian mobil, sebelum mobil itu dinaiki tentu ada interior dalamnya, anda merancang sesuai jenis dan kebutuhan mobil itu, bisa nyaman layaknya rumah. :D

Desain Kriya Tekstil dan Mode, mungkin buat beberapa orang ada yang tidak tahu desain apakah ini? baik, sesuai namanya juga tekstil, tekstil identik dengan kain, kain identik dengan baju dan mode. maka bila anda suka melihat fashion show dan melihat para desainer baju disitu itulah mereka yang berkecimpung dalam dunia desain ini. mereka merancang baju, tas, sepatu, dan menjadikannya mode dan trend bagi masyarakat.


Desain Komunikasi Visual, sebenarnya dulu ini dikenal sebagai Desain Grafis. Mungkin karena seiring perkembangan jaman bahwa desain grafis tidak hanya berkecimpung dalam grafis saja, namun banyak juga menjadi media komunikasi secara visual seperti poster, iklan, komik. akhirnya berubah menjadi Desain Komunikasi Visual, seperti apa yang saya ketik tadi. dalam desain ini anda tidak hanya untuk sekedar mengedit foto-foto menjadi keren atau gonta-ganti muka dan badan saja :D. namun disini adanya bentuk komunikasi dalam karya yang anda buat kepada penikmatnya. yah contoh kecil seperti poster, iklan, atau pun animasi-animasi memiliki pesan tersendiri walau hanya dalam bentuk gambar diam atau gerak. jadi adanya komunikasi secara visualilsasi..
:P

baiklah saya rasa cukup sampai disini posting saya..
maklum banyak tugas kuliah numpuk, so selamat datang di dunia desain untuk anda semua..
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar